VISI, MISI, DAN TUJUAN
VISI MADRASAH ALIYAH AL-KARIMI
Kurikulum disusun untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di madrasah. Madrasah Aliyah Al-karimi sebagai unit penyelenggara pendidikan, juga harus memperhatikan dan mengantisipasi perkembangan dan tantangan masa depan.
Adapun perkembangan dan tantangan itu menyangkut antara lain:
- Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi;
- Globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas Sektor serta tempat;
- Era informasi;
- Pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia ;
- Berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan;
- Era perdagangan bebas (AFTA).
Madrasah Aliyah Al-karimi sangat merespon tantangan sekaligus peluang tersebut, sehingga visi madrasah diharapkan sesuai dengan arah perkembangan tersebut. Visi tidak lain merupakan citra moral yang menggambarkan profil madrasah yang diinginkan di masa datang atau secara sederhana diartikan sebagai gambaran madrasah yang dicita-citakan di masa depan. Namun demikian, visi madrasah harus tetap mengacu kepada kebijakan pendidikan nasional. Demikian juga Visi tersebut harus memperhatikan dan mempertimbangkan antara lain: (a) potensi yang dimiliki madrasah dan (b) harapan masyarakat yang dilayani madrasah.
Dalam merumuskan visi, pihak-pihak yang terkait (stakeholders) bermusyawarah dan merumuskan visi madrasah, sehingga visi madrasah tersebut dapat mewakili aspirasi berbagai kelompok yang terkait, sehingga seluruh kelompok yang terkait (guru, karyawan, siswa, orang tua, masyarakat, dan pemerintah) bersama-sama berperan aktif untuk mewujudkannya.
Visi Madrasah Aliyah Al-karimi:
“TERWUJUDNYA INSAN YANG BERPERILAKU ISLAMI, BERJIWA CERDAS DAN BERPRESTASI”.
Visi tersebut diatas mencerminkan cita-cita madrasah yang berorientasi kedepan dengan memperhatikan potensi kekinian, sesuai dengan norma dan harapan masyarakat.
Pemilihan visi tersebut untuk tujuan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Visi ini menjiwai warga madrasah kami untuk selalu mewujudkannya setiap saat dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan madrasah. Adapun indikator dari visi tersebut adalah :
- Siswa selalu taat menjalankan perintah agama
- Siswa berprilaku jujur, sopan, dan bertutur kata santun
- Siswa dapat mengembangkan ilmunya dalam kegiatan olimpiade
- Siswa dapat menerapkan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari
- Siswa dapat meraih prestasi dalam bidang IPTEK dan Olah raga
MISI MADRASAH ALIYAH AL-KARIMI
Untuk mencapai visi tersebut, Madrasah Aliyah Al-karimi telah merumuskan misi yang berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Berikut ini merupakan misi yang dirumuskan berdasarkan visi di atas, yaitu :
- Meningkatkan iman dan taqwa peserta didik melalui kegiatan intra dan ekstrakurikuler.
- Menyelenggarakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang untuk memotivasi peserta didik berprestasi, disiplin, berakhlaq mulia, memiliki etos kerja tinggi, kreatif, kritis, kompetitif, dan bertanggung jawab.
- Memberi kesempatan peserta didik seluas-luasnya, untuk meningkatkan potensi, bakat, minat sesuai perkembangan fisik serta psikologis seoptimalmungkinmelaluikegiatan intra dan ekstrakurikuler.
- Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan keagamaan melalui berbagai kegiatan di madrasah.
- Meningkatkan layanan pendidikan dengan menyediakan tenaga pendidik dan kependidkan yang profesional.
- Memenuhi dan memberdayakan sarana danprasarana yang diperlukan sesuai dengan standar yang ditentukan.
- Menyelenggarakan manajemen dengan menerapkan prinsip kemandirian, partisipasi, kemitraan, transparansi, dan akuntabilitas.
- Menciptakan iklim yang kondusif untuk terlaksananya tugas pokok dan fungsi dari masing-masing komponen madrasah (kepala Madrasah, guru, karyawan, dan peserta didik).
TUJUAN PENDIDIKAN MADRASAH ALIYAH AL-KARIMI
Mengacu pada visi dan misi madrasah, serta tujuan umum pendidikan menengah, maka tujuan madrasah kami dalam mengembangkan pendidikan ini adalah sebagai berikut:
- Peserta didik memiliki keimanan dan ketaqwaan yang kuat serta kesadaran dalam melaksanakan ibadah dan berperilaku akhlaqul karimah.
- Semua guru mata pelajaran memiliki perangkat pembelajaran yang mantap sesuai dengan tuntutan Standar Isi dan Standar Proses serta berwawasan karakter.
- Madrasah mengembangkan PAKEM/CTL 100% untuk semua mata pelajaran.
- Peserta didik mencapai nilai rata-rata UN 70
- Madrasah dapat meningkatkan prosentase peserta didik yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri.
- Madrasah memiliki berbagai tim lomba di antaranya Olimpiade Matematika, Kimia, Biologi, Fisika, Ekonomi, Geografi, bahasa Inggris, bahasa Arab, Sastra, dan Olah raga yang menjadi juara di tingkat regional maupun nasional.
- Madrasah mengembangkan berbagai wadah atau program penghayatan dan pengamalan agama.
- Meningkatkan kepedulian warga madrasah terhadap kebersihan, kesehatan, ketertiban, dan keindahan lingkungan madrasah.
- Madrasah memiliki sarana dan prasarana berstandar nasional
- Madrasah memiliki 100% tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional.
- 11. Masing-masing komponen madrasah (kepala madrasah, guru, karyawan, dan peserta didik) melaksanakanTugas danFungsi dengan baik.
- 12. Sumber daya manusia (SDM) di Madrasah Aliyah Ma’arif NU Al Karimi(Kepala Madrasah, guru, karyawan, dan peserta didik) yang mampu berkompetisi dalam kegiatan akademik dan non akademik secara maksimal.
Halaman Lainnya
PTS ganjil 2023
Penilaian Tengah Semester Ganjil dilaksanakan mulai tanggal 30 September sd 7 Oktober 2023
PENGUMUMAN
Pengumuman mengenai PTS dan PAS...